Sunday, March 24, 2013

HTTP Request dan Dasar-dasar Respon

Untuk memahami konsep AJAX, pertama kali akan dibahas mengenai bagaimana situs web merequest dan menerima respon dari web server. Saat ini standar browser untuk memperoleh informasi dari web server adalah berbasis pada metode HTTP (HyperText Transfer Protocol). Hal ini berarti bahwa browser menggunakan metode tersebut untuk mengirim request dan menerima respon dari web server. HTTP bekerja seperti halnya email, yaitu ketika mengirim request akan terdapat header yang digunakan oleh web server. Oleh web server, header ini digunakan untuk mengetahui tugas apa yang harus dilayaninya dan bagaimana menghandle request dari HTTP. Meskipun beberapa header bersifat optional, namun terdapat pula yang mutlak harus ada, misalnya host header. Header ini sangat penting karena akan digunakan web server untuk mengetahui tugas apa yang harus dilayani. Ketika request sudah diterima oleh server, selanjutnya server akan menentukan jenis respon yang akan dikembalikan kepada HTTP. Berikut ini beberapa jenis kode respon HTTP

200 OK
Respon yang dikembalikan apabila ditemukan ketika direquest (sukses) dokumen atau file

304 Not Modified
Respon yang dikembalikan apabila browser mengindikasikan bahwa copyan dokumen yang ada local cache (browser) dan server cache sama atau tidak berubah.

401 Unauthorized
Respon yang dikembalikan apabila request membutuhkan autorisasi untuk mengakses dokumen

403 Forbidden
Respon yang dikembalikan apabila pe-request memiliki hak akses untuk dokumen yang diinginkan tidak

404 Not Found
Respon yang dikembalikan apabila dokumen yang akan diakses tidak ditemukan.

500 Internal Server Error
Kode respon ini dikembalikan apabila terdapat kesalahan teknis dalam server.

503 Service Unavailable
Respon yang dikembalikan apabila jenis layanan direquest tidak dikenal oleh server yang

Sedangkan untuk metode request HTTP yang umum digunakan antara lain POST dan GET. Metode GET sering digunakan untuk merequest sumber tertentu ke web server. Biasanya GET digunakan untuk mempassing value untuk diproses ke web server dan selanjutnya value itu diassign ke sebuah variabel untuk diproses oleh server. Sedangkan POST pada prinsipnya sama dengan GET, namun metode ini ideal untuk value yang diperoleh dari isian form dan halaman web.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Only-me - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger