Wednesday, March 5, 2014

Cara Mengatasi Virus Macro

Pernahkah anda kecewa ketika anda telah bersusah payah meng-etik artikel tiba-tiba lenyap begitu saja, dan timbul kata-kata aneh yang belum pernah anda temui? Atau anda tidak dapat menyimpan artikel dan timbul kata-kata “Word Basic ERROR“? Semua itu pastinya adalah ulah virus macro yang memang dibuat untuk menyulitkan kerja anda.

Virus makro adalah sebuah program kecil yang menyusup ke dalam dokumen dan menyebarkan dirinya ke dokumen lain melalui program utama seperti Ms Word, Ms Excel, Power Point, dan semua program yang menggunakan aplikasi Visual Basic. 

Virus makro sama halnya dengan virus yang ada dalam tubuh manusia, seperti virus TBC. Virus ini meyebar melalui udara dan ketika berada dalam tubuh, maka tubuh akan terganggu fungsinya seperti flu, demam, dan batuk. Begitu juga virus makro.

Jika sebuah komputer terjangkit virus makro, maka sebagian fungsi komputer terhambat (hang) dan timbul kata-kata aneh yang tidak biasa ditampilkan oleh komputer.

Jika ditelusuri, bagian virus makro berada pada dokumen (file) dan sebagian lagi berada pada system komputer (software). Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah virus macro tidak hanya bergantung pada program anti virus saja. Namun, juga perlu mengetahui apa dan bagaimana cara kerja virus makro tersebut. 

Telah dipahami bahwa sebagian tubuh virus makro berada pada dokumen dan sebagian lagi berada pada system komputer (software). Untuk itu, langkah pertama yang harus dicoba adalah menghilangkan virus makro yang ada pada system terlebih dahulu. Sebab, virus makro harus dibersihkan dari system komputer. Biasanya sebagian tubuh virus makro yang berada pada system terletak pada file default system yaitu NORMAL.DOT (global template) dan sebagian lagi menggunakan nama file samaran lainnya seperti MANN.DOT, USER.DOT, SNRML.DOT, ETHAN.DOT dan lainnya yang berhubungan dengan nama virus tersebut. File-file ini harus dihilangkan atau dihapus.

Untuk menghilangkan file tersebut ikuti langkah berikut ini.
Anda harus menutup Ms Word atau Ms Excel terlebih dahulu, selanjutnya jika sedang aktif. Ikuti langkah berikut: Start – Find – Files or Folders – ketik pada kolom Named “*.dot” (tanpa tanda petik) – Klik Find Now - hapus File NORMAL.DOT, MANN.DOT atau SNRML.DOT atau ETHAN.DOT dan file-file mencurigakan lainnya. 

Kemudian buka Ms Word anda kemudian tekan ALT dan F11 secara bersamaan. Jika terbuka aplikasi Microsoft Visual Basic maka system anda sudah bersih dari virus makro.
Langkah selanjutnya anda harus memlindungi system dari virus makro yaitu dengan cara: pada aplikasi Microsoft Visual Basic klik Normal (biasanya pada kolom Project disebelah kiri) - klik Tools (pada menu) – Normal Properties. Setelah timbul kotak dialog Tools - Normal Properti klik Protection (sebelah tab general) – Klik check box Lock Project For Viewing – isi Password yang ada kehendaki (berada di bawah 2 kotak ) pada kotak pertama dan kedua diisikan password yang sama (diisi sesuai kehendak anda) – setelah selesai tekan CTRL S bersamaan – tutup applikasi Microsoft Visual Basic – dan tutup aplikasi Ms Word – kemudian buka kembali Ms Word anda dan system anda terproteksi dari virus makro.

Namun cara diatas belum selesai karena baru sebagian tubuh virus makro hilang. Bagian yang lainnya berada pada dokumen dan ini juga harus dihilangkan. Untuk cara menghilangkan tubuh virus dalam Dokumen nantikan pada tulisan yang lain.

Dalam hal virus makro penulis sudah membuat pengaman sederhana berupa source code anti virus makro yang diprogram dengan bahasa visual basic for application yang dapat di download di web www.indoit.net atau di www.neotek.co.id. Selamat mencoba dan mengembangkan!.
 
Oleh : Foryanto J. Wiguna

2 comments:

 
Copyright © . Only-me - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger