Friday, January 10, 2014

Eclipse Untuk Android di Windows



Sebelumnya pastikan JDK telah diinstall (dapat didownload di: http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/)

Untuk membuat app Android,  dibutuhkan Android SDK (Software Development Kit) yang diperoleh di http://developer.android.com/sdk   sedangkan untuk IDE (Integrated Development Environment)  dapat dipilih Eclipse, Netbeans atau bahkan langsung dengan command line dan notepad. Saat ini telah tersedia instalasi untuk Windows yang telah menyediakan semua komponen yang dibutuhkan (ADT Bundle for Windows).  Download ADT Bundle ini, dan setelah selesai ekstrak ke tempat yang anda  inginkan karena tidak ada proses instalasi.

Salah satu file hasil ekstrak adalah “SDK Manager.exe”, jalankan file ini.

Dapat dilihat bahwa versi API yang terinstall adalah 4.2.2 (API17). Jika anda terkoneksi dengan internet, anda dapat download API versi lain yang dibutuhkan.


Selanjutnya kita perlu membuat emulator smartphone android (Android Virtual Device). Program yang akan kita buat dikomputer akan dijalankan di emulator ini.

Masih di SDK Manager, Pilih ToolsàManage AVDs. Akan muncul dialog berisi daftar AVD  kemudian klik “New”


Kita akan buat AVD versi 4.2. (JellyBean) Isi nama, device dan target
 
Lalu isi RAM dengan ukuran kecil terlebih dulu, dan centang “Use Host GPU”.  Lalu tekan OK.
Pilih AVD yang baru Anda buat lalu klik Start dan kemudian Launch. Tunggu 1-5 menit (tergantung kemampuan komputer yang Anda miliki).





Emulator ini membutuhkan waktu cukup lama dan memori yang  besar. Ambil secangkir kopi dan silahkan tunggu sampai layar berikut muncul (jika yang muncul masih tulisan Android berkelap-kelip, tunggu). Setelah emulator dijalankan, sebaiknya jangan ditutup lagi untuk menghemat waktu.
Terutama bagi yang belum memiliki Android, Anda dapat gunakan emulator ini untuk mengeksplorasi fitur-fitur Android.

Selanjutnya kembali ke file bundle yang telah diekstrak, terdapat direktori Eclipse. Masuk ke direktori ini dan jalankan eclipse.exe. Akan muncul dialog untuk memilih direktori tempat source akan diletakkan, lalu akan tampil window welcome seperti gambar dibawah. Close window ini selanjutnya anda siap membuat program pertama.



0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Only-me - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger