Tuesday, March 5, 2013

Pengenalan Paket Switching




Packet swicthing telah menjadi solusi yang diminati masyarakat yang sedang berusaha mengembangkan traffic data di dalam jaringan komputernya. Besarnya minat ini telah mempercepat evolusi internetwork dari bentuk “shared internetwork” menjadi bentuk “switching internetwork” sehingga penggunaan menjadi lebih berkembang.

PENGERTIAN PAKET SWITCHING
Paket switching dirancang sedemikian rupa untuk menyediakan fasilitas yang lebih efisien dibanding circuit switching untuk lalu lintas data yang sangat banyak. Station mentransmisikan data dalam bentuk block-block kecil yang disebut packet.  Fungsi routing dari jaringan packet switching berupaya untuk menekan rute yang paling sedikit memakan biaya sepanjang jaringan, dengan perhitungan biaya yang didasarkan atas jumlah lompatan, penundaan yang diharapkan, atau hal-hal lainnya. X.25 adalah protocol standar untuk interface di antara suatu ujung dengan jaringan switching.
 
Data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket)lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula.
Dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket perdetik
Memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain
Transmisi melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone

PRINSIP-PRINSIP PACKET SWITCHING
Karakteristik dasar dari jaringan circuit switching adalah sumber daya yang berada di dalam jaringan yang dimaksudkan untuk panggilan tertentu.
Untuk beberapa koneksi data pemakai / host   (misalnya, computer pribadi pemakai yang dihubungkan ke server database) sebagian besar waktunya berada pada saluran di dalam status idle. Sehingga dengan koneksi data, pendekatan circuit switching menjadi tidak efisien.
Dalam jaringan circuit switching, koneksi yang terjadi memungkinkan dilakukannya transmisi pada rate data yang konstan. Jadi masing-masing dari dua perangkat yang dihubungkan harus saling mentransmisikan dan menerima pada rate data yang sama. Hal ini membatasi kegunaan jaringan dalam interkoneksi berbagai jenis komputer host dan workstation.

Perancangan Jaringan Switch
Implementasi dari perangkat share ke perangkat switch mengalami evolusi selama beberapa tahun. Perancang jaringan awalnya mempunyai keterbatasan dalam pemilihan perangkat untuk membangun sebuah jaringan kampus atau jaringan antar LAN. Pesatnya perkembangan PC dan kebutuhan aplikasi klien-server membutuhkan pipa jaringan yang lebar dan cepat, terutama untuk aplikasi multimedia. Pemenuhan kebutuhan ini berevolusi dari pemakaian perangkat share-hub ke switch.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Only-me - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger